PENDAHULUAN
Visi SMK Negeri 1 Jombang
Menjadikan sekolah sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan dengan standar mutu internasional untuk mewujudkan lulusan yang beriman dan bertaqwa, berjiwa enterpreneur yang kompetitif di era global dan profesional di bidang keahlian Adm. Perkantoran, Akuntansi, Penjualan, Multimedia dan Akomodasi Perhotelan
Misi SMK Negeri 1 Jombang
Melaksanakan perbaikan dan pengembangan secara terus menerus dalam proses pendidikan dan pelatihan.
Menciptakan iklim yang kondusif untuk mewujudkan keimanan dan ketakwaan.
Memberikan keterampilan berwirausaha sesuai program keahlian siswa dan mampu menggunakan bahasa inggris kerja.
Meningkatkan kepuasan pelanggan secara terus menerus.
Menjadikan SMK sebagai sekolah yang modern dan mandiri
PEMBAHASAN
EMBRIO KANTIN KEJUJURAN DI SMK NEGERI 1 JOMBANG
Sebagai subsistem dalam sistem pendidikan nasional, pendidikan kejuruan mempunyai ciri-ciri khusus, yaitu menyiapkan siswa untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus.
Fokus pendidikan kejuruan adalah membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan, sikap profesionalisme serta kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja dengan pengembangan metode “learning by doing”
Oleh karena itu, ketika di sekolah ada siswa yang membawa dagangan makanan dan minuman ringan, yang dijual sendiri di saat istirahat, pihak sekolah tidak melarang.
Untuk menertibkan pelaksanaan penjualan mamin di kelas-kelas oleh siswa pada saat istirahat, pihak sekolah hanya memberi pengarahan kepada siswa agar pelaksanaan jual beli mamin pada saat istirahat saja, sampah kemasan/ bungkus mamin dibuang di tempat sampah, larangan untuk makan jajanan di dalam kelas.
Kemudian pada saat dimunculkan ide tentang kantin kejujuran oleh pemerintah, yang diwujudkan dengan pembukaan kantin kejujuran di kota-kota besar, SMK Negeri 1 Jombang mempunyai prakarsa untuk menjadikan bentuk jual beli mamin di kelas yang selama ini sudah ada, menjadi kantin kelas tanpa petugas yang disebut dengan kantin kejujuran
Kantin Kelas diluncurkan sekitar bulan November 2008. Sebagai uji coba hanya beberapa kelas yang diberi tugas untuk membuka kantin kelas. Konsepnya sederhana, kelas yang berlokasi di bagian Barat menyediakan barang dagangan makanan dan minuman ringan, didisplay di atas meja lengkap dengan label harga, disediakan kotak uang di atas meja, yang berguna untuk menampung pembayaran dari siswa yang membeli mamin. Bila ada kembalian, siswa mengambil dan menghitung sendiri uang kembalian dari kotak tersebut. Mekanisme pengelolaan diserahkan sepenuhnya kepada siswa, dibimbing oleh wali kelas.
Pada tanggal 9 Desember 2008,bertepatan dengan peringatan hari ANTIKORUPSI sedunia, kantin kelas resmi dibuka oleh Kajari Jombang menjadi KANTIN KEJUJURAN. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Jombang beserta ibu dan beberapa pejabat teras Kabupaten Jombang.
Sampai saat berita ini ditulis, kantin kejujuran di SMK Negeri 1 Jombang mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan, frekuensi kehilangan mulai berkurang. Dari survey yang diadakan kesiswaan ternyata para siswa tetap bertekat agar kantin kejujuran senantaiasa eksis di kelas-kelas, barang dagangan yang semula didisplay di bangkum saat ini sudah didisplay di etalase.
KANTIN KEJUJURAN?
Apaan tuh?
Di SMK Negeri 1 Jombang kantin kejujuran mungkin sedikit berbeda dengan kantin kejujuran di tempat lain.
Apa yang membedakan?
- Hanya menjual makanan dan minuman ringan, sedangkan makanan dan minuman sepinggan dijual di kantin sekolah.
- Kantin Kejujuran ada di setiap kelas, dikelola kelas (mulai bulan Januari 2009, kelas 12 dibebastugaskan dari urusan kantin sekolah)
- Setiap kelas diberi kebebasan yang bertanggung jawab untuk mengelola kantin kejujuran, dibimbing oleh wali kelas.
- Setiap upacara bendera, diumumkan kelas yang pernah mengalami kecurangan ataupun keteledoran keuangan.
- Saat ini, pendisplayan mamin tidak lagi di atas meja, tetapi telah disediakan etalase oleh pihak sekolah.
TUJUAN :
SALAH SATU CARA UNTUK MEWUJUDKAN VISI DAN MISI SEKOLAH, YAKNI
MENDIDIK , MELATIH DAN MEMBIASAKAN SISWA MENGELOLA USAHA DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN JUJUR, BAIK SEBAGAI PENJUAL MAUPUN PEMBELI.
MENGASAH KETERAMPILAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM BERWIRAUSAHA
MENUMBUHKAN DAN MENINGKATKAN KEJUJURAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA, BELAJAR JUJUR PADA DIRI SENDIRI YANG PADA AKHIRNYA MERUPAKAN CARA JITU PENDIDIKAN ANTIKORUPSI YANG LANGSUNG MENYENTUH RANAH AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK
MENAMBAH PEMASUKAN SISWA DAN KAS KELAS
PERMASALAHAN YANG TIMBUL
- Ada kejenuhan, minat pembeli fluktuatif.
- Masih ada ketidakjujuran, jumlah uang yang masuk tidak sesuai dengan mamin yang laku, walaupun tidak banyak.
- Belum ada tindak lanjut terhadap ketidakjujuran.
PEMECAHAN MASALAH
Intensitas pembimbingan, pengarahan, motivasi, dan evaluasi oleh wali kelas perlu ditingkatkan
Pembinaan praktik mengelola usaha dan membuka usaha sendiri oleh guru KWU.
Memasukkan materi tentang kejujuran, keadilan, kesederhanaan, daya juang, dan lain-lain pada setiap mata pelajaran.
Pelaksanaan guru tamu perihal antikorupsi dari kejaksaan ataupun kepolisian
Perlu adanya koordinasi semua pihak untuk membahas tindak lanjut yang akan dilakukan sekolah jika didapati adanya ketidakjujuran
CONTOH LAPORAN KEUANGAN KANTIN KEJUJURAN
Kelas 10 AK1 ( 5 Februari 2009)
No | Nama Barang | Jml. | Harga kulak | Harga jual | Laku |
1. | Cireng | 13 | 400 | 500 | 13 |
2. | gorengan | 20 | 450 | 500 | 20 |
3. | Dadar gulung | 25 | 400 | 500 | 9 |
4. | Tahu isi | 40 | 450 | 500 | 30 |
5. | Tahu crispy | 10 | 900 | 1000 | 10 |
6. | Pisang karamel | 20 | 400 | 500 | |
7. | Tahu fantasi | 15 | 450 | 500 | 15 |
8. | Roti selai | 20 | 400 | 500 | - |
CONTOH LAPORAN KEUANGAN KANTIN KEJUJURAN
Kelas 10 Pj1 ( 11 Desember 2008)
No | Nama Barang | Jml. | Harga kulak | Harga jual | Laku |
1. | Nasi kuning | 25 | 1900 | 2000 | 25 |
2. | Es lilin | 33 | 450 | 500 | 33 |
3. | Tahu isi | 25 | 450 | 500 | 25 |
4. | Karamel singkong | 32 | 900 | 1000 | |
5. | Keripik singkong | 25 | 450 | 500 | 25 |
Alternatif pengelolaan kantin kejujuran selain seperti yang diterapkan di SMK Negeri 1 Jombang:
Satu sekolah satu kantin kejujuran. Pintu masuk dan pintu keluar berbeda. Pengendalian melalui kontrol buku tamu/ buku kunjungan kantin atau melalui CCTV (bila memungkinkan). Setiap dua hari sekali guru atau petugas kantin memeriksa laporan keuangan dan memcocokkannya dengan buku tamu. Contoh buku tamu/buku kunjungan sperti di bawah ini.
CONTOH FORMAT BUKU TAMU / BUKU TAMU KANTIN
No. | NAMA SISWA | KELAS | BARANG YANG DIBELI | HARGA | YANG DIBAYAR | UANG KEMBALI |
1. 2. 3. 4. | Dst. |
Tgl. ..................................
Petugas Kantin
PENUTUP
Sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan, sekolah memegang peranan penting dalam upaya membantu mencegah tindakan korupsi sejak dini. Sekolah dapat membantu Pemerintah dengan cara menanamkan nilai-nilai yang membendung terjadinya korupsi.
Guru sebagai komponen penting dalam proses pembelajaran, memainkan peranan sebagai fasilitator & contoh dalam membentuk karakter siswa.
Kantin kejujuran merupakan salah satu model laboratorium mental yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa (upaya pembiasaan perilaku jujur), sejalan dengan pendekatan pembelajaran.
SALAM JUJUR,
JUJUR...YESS !
KORUPSI ...NO !
1 komentar:
Mohon maaf...
Apa betul ini adalah Ibu Diana,guru mata pelajaran Surat Menyurat semasa saya masih di SMEA/SMK negeri 1 Jombang dulu ?
Maaf Ibu...saya Hadi,alumni tempat ibu mengajar.
Kalo boleh sedikit mengenang masa lalu,ada satu hal yang hingga kini belum bisa saya lupa. Yaitu guyonan dari Bpk. Rois guru mata pelajaran matematika,bahwa beliau suka menyingkat mata pelajaran yang ibu ajarkan dengan nama "SurMenyur".
Ya... Karena seingat saya setelah ibu adalah giliran Bpk Rois mengajar kami.
Saya mohon maaf Ibu apabila terdapat kata-kata saya yang kurang/tidak berkenan dihati ibu.
Di moment Lebaran ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Salam hormat selalu,
Hadi Santoso
Posting Komentar